Sabtu, 04 September 2010

Cara Mudah Belanja Online Lewat Internet

Kemajuan dunia internet saat ini begitu pesat, internet tidak hanya bisa digunakan untuk mencari informasi dan download tetapi lebih dari itu internet sekarang banyak digunakan orang untuk sarana berbelanja secara online. Beberapa dari kita pastinya pernah mencoba untuk berbelanja secara online lewat internet. Keuntungan yang bisa didapat dari berbelanja online tersebut diantaranya mudah dalam hal memilih kategori barang-barang yang akan dibeli, harga yang tidak terlalu jauh dengan yang ada di toko-toko, jenis barang yang beragam sampai bingung mana yang mau dipilih, memiliki layanan antar barang ke tujuan dan yang paling penting kita bisa dengan mudahnya berbelanja dengan hanya duduk manis di depan komputer. Tetapi selain menwarkan keuntungan berbelanja online juga memiliki resiko karena yang kita tahubahwa internet merupakan lahan yang subur bagi praktek tipu-menipu karena pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung. Bgaimana caranya kita menyiasati hal tersebut agar tdak terjebak ke dalam penipuan akibat berbelanja secara online diinternet. Berikut ada beberapa Cara mudah belanja online lewat internet :

Lakukan terlebih dahulu riset dan pengamatan terhadap situs yang menjadi tempat kita akan berbelanja. Periksa apakah penjual tersebut menyertakan kontak yang bisa dihubungi misalnya telepon, YM, alamat atau memiliki account di situs jejaring sosial seperti facebook. Kalau hal seperti ini tidak ada atau tidak bisa dihubungi maka situs tersebut tidak layak dijadikan tempat berbelanja.
Jangan mudah memberikan data-data pribadi seperti nomor KTP, SIM, kartu ATM ataupun rekening pribadi kepada penjual. Bisanya informasi pribadi ini jarang digunakan dalam jual beli secara online.
Cari dan baca informasi tentang kebijakan situs tersebut atau yang lebih dikenal dengan License and Agreement. Jangan sampai situs tersebut memiliki kebijakan boleh memberikan informasi pribadi ke pihak lain. Baca juga tentang kebijakan pembelian dan pengembalian barang karena hal ini berguna apabila nanti barang yang kita terima tidak sesuai atau cacat.
Periksalah harga yang tertera pada barang, kita patut curiga apabila barang yang sama memiliki harga yang jauh berbeda dengan yang ada di toko.
Jangan menggunakan password yang sama ketika bertransaksi online karena sangat berisiko terhadap tindak kejahatan pencurian password.
Bekali komputer dengan antivirus yang terupdate apalagi jika antivirus memiliki perlindungan spyware, anti phising dan firewall lebih bagus.
Meminta dan menyimpan bukti transaksi yang bisanya kalo belanja online via email.
Lebih bagus melakukan pembayaran dalam bertransaksi online jika kita memiliki accont paypal. Karena pembayaran via paypal akan lebi terjamin keamananya daripada menggunakan kartu kredit.
Jika tidak memiliki account paypal dan terpaksa enggunakan kartu kredit, periksa apakah URL situs tersebut apakah memiliki tanda gembok atau secure. Biasanya URL situs yang seperti ini otomatis akan langsung berupah dari http menjadi https ketika akan melakukan transaksi.

Segitu aja dulu tipsnya kalo ada yang kurang bisa teman-teman tambahkan, semoga memudahkan kita untuk berbelanja online

0 comments:

Posting Komentar

Bagi sobat-sobat silahkan comment disini, Insya Allah saya comment balik di blog anda.Blog ini Blog Do Follow,Trims atas kerja samanya