Rabu, 04 Agustus 2010

Perkembangan Web dan Internet 2010

Nah, inilah perkembangan Web dan Interrnet di tahun 2010, yang dulu hanya merupakan sebuah prediksi dunia. Sekarang ini Internet sudah tidak asing lagi, karena hampir setiap manusia di dunia sekarang ini menggunakan internet untuk berbagai hal, diantaranya: 


  1. Facebook – Sebagai layanan social networking terbesar, dan situs terbesar sejagad, Facebook sudah banyak menunjukkan dominasinya. Meskipun beberapa mulai merasa kebosanan, Facebook masih harus membuktikan dari segi keuangan. Di tahun 2010, seiring dengan kondisi ekonomi Amerika yang membaik, Facebook akan menjadi lebih matang dengan bukti revenue yang lebih pasti.
  2. Twitter is Maxed-Out – Kita semua tahu bahwa dalam beberapa tahun terakhir Twitter telah mengalami kemajuan pesat. Namun Twitter masih juga kesulitan menemukan business model yang pasti, meskipun sudah menerima bayaran dari beberapa layanan mesin pencari untuk urusan real-time news. Singkatnya, Twitter akan tumbuh, namun tidak dalam arti ada lonjakan pesat dan tidak akan mandiri.
  3. Better Infrastructure, Nationally – Tahun 2010 adalah awal dari globalisasi, tentunya banyak yang melihat Indonesia sebagai potensi. Dengan semakin banyaknya situs luar negeri yang berusaha merebut hati pengguna lokal, maka permintaan hosting atau content delivery network lokal tentunya akan meningkat. Semoga standar kualitas juga ikut meningkat sejalan dengan permintaan.
  4. Local Buying Spree – Dengan melihat Indonesia yang penuh potensi, beberapa layanan lokal tentunya terlihat menawan. Banyak penanam modal luar tentunya sangat berminat melakukan akuisisi properti web lokal, karena pertimbangan harga yang masih murah dan potensi yang sangat besar. Sejauh ini sudah banyak terdengar beberapa penawaran, namun belum ada persetujuan yang patut dibahas.
  5. Online Ad Spending – Jatah iklan online di tahun 2010 akan meningkat (pesat), terutama bila rumor yang telah beredar menjadi kenyataan, yaitu salah satu industri akan dilarang untuk memasang iklan secara offline. Jadi bersiaplah melihat banyak situs lokal tumbuh bagai jamur di musim hujan.
  6. Blogger dan PPC – Blogger secara umum tidak akan berkembang, terutama bila mengejar PPC dan ranking, tanpa mempunyai strategi jelas. Baik secara konten atau pengelolaan. Karena jatah iklan online akan meningkat, maka blogger bisa lebih sedikit bernapas dan menikmati kesempatan yang ada.
  7. E-Commerce Indonesia – Beberapa telah melirik dan mempersiapkan online marketplace lokal. Tanpa sistem pembayaran yang lancar, e-commerce tidak akan berkembang pesat. BCA sebagai bank terbesar di Indonesia bisa dianggap memegang kunci dari persoalan ini, begitu juga beberapa bank plat merah. Singkatnya, e-commerce tidak akan berkembang bila masalah pembayaran tidak terselesaikan dengan partisipasi bank besar.
  8. The Giant Will Fail – Sang raksasa hadir dengan sejuta harapan, dan modal dalam US Dollar. Namun tanpa alokasi dana yang tepat, semua rencana bisa jadi amburadul. Belum lagi isu konflik internal yang perlu dibereskan.
  9. Goorme*shameless plug* Sebuah portal tentang makanan dengan nama Goorme akan melakukan perkenalan di kuartal pertama 2010. Goorme akan tampil bersih, seperlunya, tanpa pernak-pernik teknologi yang memukau. Just well designed, well managed. Penasaran? ikuti jejaknya di Twitter & Facebook.
  10. Blogger & Brand – Pola pendekatan brand terhadap blogger tidak akan banyak berubah. Para pemegang merk masih menganggap blogger itu penting, tapi blogger juga tidak mau menjadi sapi perah untuk kebutuhan publisitas mereka. Entah imbalan harus lebih besar, atau brand akan mencari cara lain.
  11. Local Start-Ups Growth – Pemain lokal akan bertambah banyak, mengingat jatah iklan online juga semakin besar. Namun peranan investor dan bantuan finansial lainnya masih belum bisa banyak diharapkan.
  12. Web Properti Lokal – Sejalan dengan asumsi di atas, beberapa start-up lokal akan digandeng oleh pemain luar. Entah diambil alih sepenuhnya, atau masih sebatas kerjasama.
  13. Detik – Sebagai portal berita yang terbesar, Detik telah banyak melakukan eksperimen. Namun Detik masih belum berani melakukan langkah serius untuk beranjak dari bisnis portal berita.
Di ambil dariPrediksi-prediksi dunia from (Toni) dan hi-techmall.org

Usaha mudah cuci motor

Usaha mudah cuci motor
Cuci motor adalah pekerjaan paling mudah untuk di jadikan usaha bisnis, Apalagi jika kita memiliki rumah dengan halaman luas dan bertempat strategis. Usaha ini hanya membutuhkan modal relatif sedikit.

Usaha ini perlu Pengetahuan dan Keterampilan untuk mengerjakanya antara lain : 

1. Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya

2. Pengetahuan umum tentang sepeda motor.Terutama bagian mesin yang tidak boleh terkena air

3. Pembukuan sederhana. Untuk mencatat modal awal, operasional bulanan dan pendapatan

Hal yang dibutuhkan untuk memulai usaha Cuci Motor :

1. Tempat dengan luas minimal 3 x 4 m untuk kapasitas 2-3 motor berjajar

2. Alat operasional : Pompa Air, Kompresor, sabun/sampo motor, sikat, kain lap (kanebo), pengilap cat motor, semir ban dan kuas untuk mengoles semir ban



3. Tenaga kerja. Minimal 2-3 orang. Salah satu sebagai koordinator untuk melayani pembayaran dari konsumen dan pencatatan di buku administrasi.

Sebelum memulai usaha Cuci Motor berikut beberapa kunci sukses yang harus diperhatikan.

1. Lokasi usaha harus strategis dan nyaman bagi konsumen untuk menunggu. Jangan takut dengan kompetitor, cobalah berpikir dari sudut pandang konsumen..tempat Cuci Motor seperti apa sih yang paling ideal ? tentu harus mudah ditemukan, tempatnya bersih, tempat menunggunya (kursi, meja) nyaman, mungkin bisa disediakan tv, dsb.

2. Cari dan latih tenaga kerja agar tetap semangat dan rajin bekerja. Jaga tingkah laku para pekerja agar tetap sopan dan berhati-hati dalam mencuci motor agar tidak timbul komplain motor jadi baret atau ada bagian yang rusak.

3. Terapkan sistem gaji pokok dan incentive bagi pekerja. Hitung incentive berdasarkan jumlah motor yang mereka kerjakan agar para pekerja terus semangat dalam mencuci motor.

4. Perhatikan jam kerja dan waktu istirahat makan para pekerja. Untuk menghindari sakit yang umum terjadi yaitu masuk angin…simpel sih, tapi kalau salah satu saja pekerja ada yang sakit pasti operasional usaha jadi kacau balau.

Untuk membuat Usaha kita lebih lancer ada juga tips Promosi yang bisa membuat orang suka datang ke tenpat usaha anda.
1. Pertama n yang pasti buat papan nama atau spanduk (sebaiknya yang berbahan plastik) yang mencolok. Buat nama usaha Cuci Motor anda se-unik mungkin. Contoh : GP Motor Wash, Rossi Kumbah Motor, Cuci Motor Express 20 Menit

2. Tawarkan hal yang unik..yang membedakan usaha Cuci Motor anda dengan yang lain. Contoh : tambahan fasilitas semir ban, pengkilap jari-jari motor, jaminan cuci motor 20 menit selesai, dll

3. Buat aneka promosi untuk menarik konsumen baru. Seperti setiap orang yang datang sebelum jam 9.00 akan mendapat diskon 50% cara ini ampuh untuk menarik orang agar mencucikan motornya pagi-pagi sehingga orang lain akan melihat dan berpikir…wah, tempat Cuci Motor ini pagi-pagi sudah penuh dan ramai..pasti layanannya bagus, kapan2 nyoba ahh..

4. Kerjasama dengan institusi atau jaringan komunitas seperti…FIF (kredit motor) tiap orang yang kredit motor dapat potongan harga atau gratis cuci motor 1 kali, sebarkan promo gratis cuci motor/potongan harga kepada pekerja pabrik, dll

5. Buat seragam untuk karyawan anda. Jangan tanggung-tanggung, buat seragam yang cukup bagus..jangan cuma kaos oblong doang..kenakan juga sepatu boot dan sarung tangan. Seragam dapat meningkatkan rasa percaya diri dan rasa memiliki karyawan. Selain itu konsumen juga akan bertambah yakin karena usaha cuci motornya terkesan keren dan rapi

Usaha Cuci Motor ini juga bisa “ditumpangi” oleh usaha aji mumpung lainnya seperti :

- Menjual aksesoris motor : helm, sarung tangan, stiker, masker

- Jasa ganti oli dan servis motor

- Makelar jual beli motor second (untungnya juga lumayan)

- Jualan makanan ringan dan minuman (Soft Drink) untuk konsumen yang sedang menunggu.

Analisa Finansial

Modal Awal

Sewa Tempat 5,000,000

Renovasi Tempat 2,000,000

Peralatan 5,000,000

Total 12,000,000

Biaya Operasional

Gaji Pegawai 3 orang @ Rp. 500.000,- 1,500,000

Listrik dan Air 500,000

Sabun, sampo dan semir ban 100,000

Total 2,100,000

Pendapatan

1 hari 30 motor @ Rp. 5000,-

1 bulan = 30 hr x 30 x Rp. 5000,- 4,500,000

Keuntungan

Pendapatan – Biaya Operasional 2,400,000



SELAMAT MENCOBA......!

Cara Mudah Berternak Lele


Sebenarnya berternak Lele itu sangat mudah, selain itu berternak lele bisa dijadikan peluang bisnis. Cara mudah untuk melakukan budi daya lele adalah dengan kolam terpal. Kolam terpal dipilih sebagai alternatif untuk peluang bisnis pembesaran lele karena memberikan banyak keuntungan. Usaha ini membutuhkan biaya yang relatif murah dan dinilai lebih praktis, dapat dibuat sendiri karena tidak serumit kolam permanen yang terbuat dari beton. Keuntungan lainnya dari kolam terpal ini yaitu kolam mudah dibongkar pasang, sehingga bisa dipindah tempat jika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. Selain itu kondisi air kolam juga lebih terkontrol kebersihannya.
Inilah langkah – langkah yang harus diperhatikan pada proses berternak lele:

1.      Membuat kolam terpal
·         Siapkan delapan buah kayu jenis kaso yang telah diserut, dengan perincian empat buah kayu dipotong berukuran 2 meter dan sisanya 1 meter. Potongan kayu kaso ini digunakan untuk menyatukan semua tiang, sehingga membentuk kolam empat persegi panjang. Untuk menyatukan semua kerangka tadi, gunakan paku berukuran 7—9 cm. Agar plastik tidak langsung bersentuhan dengan tanah, sebaiknya posisi bak ditinggikan 5 cm dari tanah.
·         Rapatkan bambu ke semua kerangka dinding dan dasar kolam menggunakan paku. Namun, usahakan bambu tidak pecah.
·         Setelah selesai, pasang plastik terpal secara hati-hati agar tidak ada yang bocor. Rapatkan terpal ke dalam dan dasar kerangka, lalu lipat bagian sudutnya. Namun, pemasangan harus rapi agar tidak ada plastik yang mengerut.
·         Agar posisi plastik tidak berubah-ubah, jepit terpal menggunakan bilah bambu di bagian atas dinding kerangka. Setelah selesai, isi bak dengan air sebanyak dua per tiga dari total tinggi bak, lalu diamkan selama sehari. Jika terjadi kebocoran yang tidak terlalu besar, penanggulangannya dapat dilakukan dengan menambal terpal menggunakan lem plastik. Namun, jika tidak terjadi kebocoran, kolam terpal bisa digunakan.

2.      Pemilihan bibit
Lebih baik gunakan bibit lele yang sudah bisa mengkonsumsi pellet F999 (pellet butiran) biasanya bibit umur 2 minggu yang berukuran 7 cm sampai 9 cm, agar lebih mudah perawatannya. Karena bibit yang terlalu kecil, masih mudah mati bila dipindahkan ke lingkungan yang baru. Untuk kolam terpal ukuran 2×3 meter bisa dimasukan bibit lele sebanyak 1000 ekor dengan ketinggian air 30 cm.

3.      Pemberian pakan
Pakan utama untuk pembesaran lele adalah pelet (makanan pabrik), untuk umur 2 minggu menggunakan pelet F 999, kemudian menggunakan 781-2 untuk umur setelah 2 minggu hingga 2 bulan,  serta 781 untuk umur setelah dua bulan hingga siap panen sekitar umur 3 bulan. Selain pelet, pakan yang dapat digunakan untuk mengurangi pengeluaran yaitu pakan tambahan berupa keong emas yang direbus, dedak halus, ampas rumah tangga, maupun ikan yang telah dihancurkan. Pemberian makan dilakukan sehari 3 kali, untuk malam hari berikan pakan lebih banyak karena pada malam hari nafsu makan lele lebih besar.

4.      Pengairan kolam terpal
Untuk pengairan kolam terpal pada awal proses, kolam diisi 30 cm air dan didiamkan selama 1 minggu sebelum dimasukan bibit lele. Penambahan air dilakukan dari mulai 30 cm hingga 80 cm, penambahan secara bertahap sebanyak 15 cm setiap bulannya. Sedangkan untuk pergantian air sampai umur dua bulan sebanyak 2 kali, namun jika sudah terlihat kotor bisa diganti airnya agar tidak menimbulkan penyakit pada lele. Pada saat pergantian air, lakukan penyortiran pula pada lele. Pisahkan lele yang pertumbuhannya lebih cepat, dengan lele yang masih kecil. Hal ini untuk menghindari penuhnya kolam karena sudah banyak yang lebih lebasr, dan menghindari kesempatan lele besar yang memakan lele kecil.



5.      Pemanenan
Lele dapat dipanen setelah 3 bulan, biasanya lele yang diminati pasaran yaitu lele ukuran 5 sampai 10 ekor / kg atau sesuai dengan permintaan pasar. Pada kolam terpal, panen lele dapat dilakukan bersamaan dengan proses sortir.

6.      Analisa Ekonomi
Dengan asumsi penggunaan 3 kolam terpal dengan ukuran 2 x 3 meter,
dan bibit lele 1000 ekor/kolam.
 
Modal Awal
3 buah terpal ukuran 2 x 3 meter (@ Rp 150.000,00 x 3) : Rp 450.000,00
Peralatan tiang kolam  (bambu, kayu tiang, dan paku)   : Rp 300.000,00
Selang air 20 meter                                    : Rp  50.000,00
Ember /baskom besar 3 buah                             : Rp  30.000,00 +
Total                                                    Rp 830.000,00
 
Biaya Operasional 
Bibit lele (@ Rp 350,00 x 3000 ekor)                   : Rp 1.050.000,00
Pakan                                                  : Rp   600.000,00
Biaya transport                                        : Rp   100.000,00
Biaya lain – lain                                      : Rp    50.000,00 +
Total                                                  : Rp 1.800.000,00
 
Omset
Penjualan hasil panen (Rp 11.000,00/kg  x 300 kg)      = Rp 3.300.000,00
 
Laba bersih 
Rp 3.300.000,00 – Rp 1.800.000,00                      = Rp 1.500.000,00